4 Cara Mengetahui Berita Hoax atau Tidak

Cara mengetahui berita hoax atau tidak ternyata bisa kita lakukan dengan mudah. Semakin bertambah banyak pengguna internet semakin bertambah banyak juga berita dan informasi yang bisa kita peroleh. Semakin cepat pula sebuah berita menyebar. Berita yang dikirim oleh seseorang cepat sekali sampai pada orang lain karena ada orang lain yang membagikannya dengan segera.

Benar atau tidaknya berita yang disebarkan tersebut seolah dihiraukan, yang penting terlihat update dimata orang lain kalau bisa mengirimkan informasi terbaru. Ini tentu perilaku yang tidak benar.

Informasi apapun yang kita peroleh sebaiknya diperiksa terlebih dahulu kebenarannya, jangan langsung disebarkan, karena bisa jadi berita tersebut merupakan sebuah kebohongan.

Berita hoax atau bohong sebenarnya bisa kita deteksi dengan beberapa cara, cera ini mungkin tidak 100% bisa mengungkap. Namun langkah ini setidaknya perlu untuk dilakukan apabila menerima sebuah informasi dari dunia maya.

Berikut merupakan beberapa hal yang wajib kita lakukan untuk mendeteksi apakah sebuah berita itu asli atau palsu (hoax).

1. Melakukan cross check terhadap berita provokatif

Banyak sekali berita yang tersebar di internet bernada provokatif. Berita seperti itu tentu untuk tidak langsung dipercaya, perlu dilakukan cross check. Kita bisa melakukan cross check menggunakan mesin pencari seperti Google, Bing dan lainnya untuk memastikan apakah berita yang Anda terima tersebut ditulis juga oleh situs berita lain, dan pastikan situs yang menuliskannya kredibel dan dikenal luas.

2. Cek URL Situs

Sangat penting untuk melakukan pengecekan apakah berita yang dikirimkan tersebut berasal dari situs yang bermutu atau tidak. Cek apakah situs tersebut menggunakan URL yang benar. Sebagai contoh yang Jurnalweb.com nukil dari laman CNET, Selasa (22/11/2016), dimana “Sebuah artikel mengklaim Presiden Barack Obama melarang lagu kebangsaan pada acara-acara olahraga AS – Palsu. Jika Anda bertanya-tanya — berasal dari situs dengan akhiran “.com.de,” yang tidak masuk akal”.

3. Cek Foto

Langkah yang ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek foto yang ada di dalam berita tersebut. Sering kali pembuat berita palsu juga melakukan editing foto untuk memprovokasi para pembaca.

Cara yang bisa Anda lakukan ialah dengan mendownload foto tersebut atau melakukan screenshot. Lalu buka Google Image pada browser Anda lalu seret (drag) foto tersebut ke kolom pencarian Google Image. Kemudian periksa hasilnya untuk mengetahui secara lebih jelas sumber dan caption asli dari foto tersebut.

4. Ketahui Siapa Penulis Beritanya

Penting untuk mengetahui siapa penulis berita tersebut, karena saat ini banyak sekali berita yang dibuat hanya agar menjadi viral di media sosial dan penulisnya kebanjiran uang karena websitenya yang dipasangi iklan tersebut dikunjungi oleh banyak orang.

Hal terakhir mungkin tidak kalah penting yaitu gunakan akal sehat Anda saat membaca berita, jangan terlalu mudah percaya, jangan mudah terpancing, dan jangan ragu untuk mengecek keaslian dan kebenaran sebuah berita yang Anda terima melalui dunia maya.

Inspirasi tulisan: CNET

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pastitop.Com
Posisi/Jabatan
082120999000
[email protected]

QR Code

Nama Badan/ Jenis Usaha/ Merek
Bidang/ Layanan/ Slogan


Alamat Kantor/ Workshop/ Galeri/ Studio/ Tempat Usaha
Telp. Nomor Telepon/ Fax
Email :  Email Kantor

Dah punya Sosmed, Kok pakai Website?

pastitop.com

User not found

Halo Pastitop.Com

Tekan Menu Bawah/Atas untuk mengedit.

Yuk.. Bantu Teman Punya Website!

Syarat & Ketentuan berlaku.

promo

40% OFF

Transfer Bank ;

Bank Mandiri

No.Rek 162-00-8000008-0

An. Laode Muhamad Abdi

 

Kirim bukti transfer ke email :

[email protected]